PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA ( ALAT-ALAT OPTIKA) SISWA SMAN 1 BANTUL DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI

Penulis

  • Sri Suparwati

Kata Kunci:

Penelitian Tindakan Kelas, inkuiri, hasil belajar fisika, Alat-alat optika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada materi Alat-Alat Optika siswa kelas XI IPA 6 semester genap tahun pelajaran 2021/2022  SMA Negeri 1 Bantul dengan pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus, terdiri atas tiga  pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas XI IPA 6 semester genap tahun pelajaran 2021/2022 SMA Negeri 1 Bantul sebanyak  34 siswa.  Sumber data  yaitu hasil observasi  guru  mengajar, pembelajaran, angket motivasi, respon siswa, serta hasil belajar siswa. Instrumen penelitianyang digunakan  sudah diuji validitas dan reabilitasnya,  sehingga dapat digunakan sebagai intrumen penelitian. Hasil penelitian yaitu model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa pada materi Alat-alat Optika. Data  hasil motivasi pada siklus I yaitu: 88,66 % dan pada siklus II yaitu: 80,15%. Hasil ini termasuk kategori tinggi,  jika dibandingkan dengan kondisi awal  motivasi siswa adalah:50%. Sedangkan  nilai rata-rata hasil belajar fisika pada siklus I:83  dan pada siklus II:86.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada materi Alat-alat Optika  kelas XI SMA

Referensi

Arikunto,S.(2017).Penelitian Tindakan kelas, Yogyakarta: Bumi Aksara

Depdikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)Mata

Pelajaran Fisika; Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan

Gilar Cesear Wicaksana dkk (2022), Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran IPA SMP, Jurnal Pendidikan IPA Vol. 11, No. 2, 2022 https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/57111

Hamzah B. Uno. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif; Jakarta: Bumi Aksara

Ngalim Purwanto. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rahmi Maiyunda Sari dkk (2019), Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu, Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 3, No.1 https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/5301

Sri Suparwati. (2022), Upaya Mening-katkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Alat-alat Optika Siswa Kelas XI IPA 6 Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 SMAN 1 Bantul Melalui Model Pembelajaran Inkuiri, Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Tidak diterbitkan.

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar edisi II. Jakarta: PT Rineka Cipta

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Diterbitkan

2024-09-02

Cara Mengutip

Sri Suparwati. (2024). PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA ( ALAT-ALAT OPTIKA) SISWA SMAN 1 BANTUL DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI. Jurnal Riset Daerah Kabupaten Bantul, 23(2). Diambil dari https://ojs.bantulkab.go.id/index.php/jrd/article/view/101