PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA ( ALAT-ALAT OPTIKA) SISWA SMAN 1 BANTUL DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI
Kata Kunci:
Penelitian Tindakan Kelas, inkuiri, hasil belajar fisika, Alat-alat optikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada materi Alat-Alat Optika siswa kelas XI IPA 6 semester genap tahun pelajaran 2021/2022 SMA Negeri 1 Bantul dengan pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus, terdiri atas tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 6 semester genap tahun pelajaran 2021/2022 SMA Negeri 1 Bantul sebanyak 34 siswa. Sumber data yaitu hasil observasi guru mengajar, pembelajaran, angket motivasi, respon siswa, serta hasil belajar siswa. Instrumen penelitianyang digunakan sudah diuji validitas dan reabilitasnya, sehingga dapat digunakan sebagai intrumen penelitian. Hasil penelitian yaitu model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa pada materi Alat-alat Optika. Data hasil motivasi pada siklus I yaitu: 88,66 % dan pada siklus II yaitu: 80,15%. Hasil ini termasuk kategori tinggi, jika dibandingkan dengan kondisi awal motivasi siswa adalah:50%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar fisika pada siklus I:83 dan pada siklus II:86. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika pada materi Alat-alat Optika kelas XI SMA
Referensi
Arikunto,S.(2017).Penelitian Tindakan kelas, Yogyakarta: Bumi Aksara
Depdikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)Mata
Pelajaran Fisika; Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan
Gilar Cesear Wicaksana dkk (2022), Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran IPA SMP, Jurnal Pendidikan IPA Vol. 11, No. 2, 2022 https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri/article/view/57111
Hamzah B. Uno. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif; Jakarta: Bumi Aksara
Ngalim Purwanto. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rahmi Maiyunda Sari dkk (2019), Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu, Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 3, No.1 https://ejournal.unib.ac.id/JPPMS/article/view/5301
Sri Suparwati. (2022), Upaya Mening-katkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Alat-alat Optika Siswa Kelas XI IPA 6 Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 SMAN 1 Bantul Melalui Model Pembelajaran Inkuiri, Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Tidak diterbitkan.
Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar edisi II. Jakarta: PT Rineka Cipta
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara