PENANAMAN ECO LITERASI MELALUI ENVIRONMENT PIONEER CLUB (EPIC) di SMPIT LHI
Kata Kunci:
Eco Literacy, Komunitas, Peduli LingkunganAbstrak
Menurunnya kepedulian terhadap kebersihan sampah menjadi masalah yang harus diselesaikan oleh semua pihak. Salah satu usaha yang dilakukan adalah melalui penanaman eco-literacy. Penanaman eco-literacy harus ditanamkan sejak kecil melalui berbagai macam aktivitas. SMPIT LHI sebagai salah satu lembaga pendidikan menanamkan eco literacy melalui komunitas yang diberi nama Environment Pioneer Club (EPIC). Tujuan penelitian ini adalah memberikan pengetahuan dan mendeskripsikan program program Environment Pioneer Club (EPIC) sebagai upaya penanaman ecoliterasi di SMPIT LHI. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan validitas internal yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai macam program telah dilaksakan oleh Environment Pioneer Club (EPIC) sebagai upaya penanaman ecoliterasi di SMPIT LHI meliputi program kampanye peduli lingkungan, sosialisasi pilah sampah, program bank sampah, dan sharing session lingkungan. Berbagai program yang telah dilaksanakan Environment Pioneer Club (EPIC) mampu memberikan dampak positif untuk meningkatkan rasa kesadaran dan kepedulian siswa siswi SMPIT LHI.
Referensi
A. N. Putri, N. Nevrita, N. E. Hindrasti, and D. Sarkity, “Penanaman Sikap Cinta lingkungan melalui edukasi pelestarian Ekosistem mangrove Pada Siswa,” JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), vol. 5, no. 1, p. 103, 2022. doi:10.30595/jppm.v5i1.9021
D. T. Pratiwi, I. N. Sapitri, S. Wibowo, and Y. Prastiwi, “Penanaman Karakter peduli Lingkungan Siswa SMP N 2 Gatak Menuju Sekolah Adiwiyata,” Buletin Literasi Budaya Sekolah, vol. 1, no. 2, 2020. doi:10.23917/blbs.v1i2.10876
Darmawan, Darwis and Siti Fadjarani, “Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dengan Perilaku Wisatawan Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan (Studi Di Kawasan Objek Wisata Alam Gunung Galunggung Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya)” Jurnal Geografi, Volume 4 Nomor 1 April 2016
Fitriah, Nur Aini, N.I Islamiyah, M. Ni’amah, and M.A.D.Susanto, “Tingkat Kesadaran Masyarakat Dalam Menjaga Lingkungan Di Era Pandemi Covid – 19 Di Kelurahan Warugunung, Kota Surabaya”, Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol 19, No 1 (2022)
Ismail, M. Jen, “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan di Sekolah”, Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 4, No. 1, Mei 2021 hal. 59-68
J. Jumarsa, M. Rizal, and J. Jailani, “Korelasi Antara Pengetahuan lingkungan dengan SIKAP Masyarakat Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan di Gampong Cot Siren Samalanga Kabupaten Bireuen,” Jurnal Biology Education, vol. 8, no. 2, 2020. doi:10.32672/jbe.v8i2.2370
Karim, Abdul, “Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup berbasis Humanisme Pendidikan Agama”, Edukasia Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12, No. 2, Agustus 2017
Khasanah, Anisa Nur, “Analisis Lingkungan SMA 02 Batang Terhadap Proses Pembelajaran Kimia,” Jurnal Pendidikan Sains, Volume 03 Nomor 01 Maret 2015
Khoiri, F.F and Yulia M. H, “Pemanfaatan Daun Kering untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar”, JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 5014 - 5020
L. N. Alfiyah and A. Rahardjanto, “Evaluasi Program Adiwiyata Mandiri Dalam membentuk Karakter Peduli Dan Berbudaya Lingkungan di SMPN 1 Pandaan,” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, vol. 7, no. 1, 2020. doi:10.22219/jkpp.v7i1.11710
Lutfi, Asma and Elly Kismini, “Partisipasi Masyarakat Dalam Sistem Pengelolaan Sampah di TPA Sukoharjo Kabupaten Pati”, ABDIMAS Vol. 17 No. 1, Juni 2013
M. A. Maulana, M. Kanzunnudin, and S. Masfuah, “Analisis Ekoliterasi Siswa Pada Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2601–2610, 2021. doi:10.31004/basicedu.v5i4.1263
Mujiwati, Y., Paramitha, M. and Maulana, M.Z. (2020) ‘Menumbuhkan Rasa Kepedulian Siswa Terhadap kebersihan lingkungan di Sekolah Ma Al Masyhur Bugul Kidul Kota Pasuruan’, Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 157–164. doi:10.31004/cdj.v1i2.852
S. Santhyami et al., “Pemberdayaan Siswa SMP Muhammadiyah 7 program Unggulan Colomadu Karanganyar Dalam program Pilih Pilah Dan Pulih sampah,” Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), vol. 4, no. 2, pp. 229–240, 2022.
S. Nurlaili, “Pengenalan eco-literacy melalui media Pembelajaran dari sampah di Sekolah Dasar,” Journal AL-MUDARRIS, vol. 1, no. 2, p. 76, 2018. doi:10.32478/al-mudarris.v1i2.171
S. Lestari, D. Tryanasari, and A. F. Rahmasari, “Program Pendampingan Guru Pada Rancangan program Ekoliterasi di Sekolah Inklusi,” Jurnal SOLMA, vol. 11, no. 3, pp. 441–450, 2022. doi:10.22236/solma.v11i3.10518
Susilawati and Nurmaisyah Fadillah, “Pengetahuan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Percut Sei Tuan”, Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 1 No. 1 (2022): Edisi Juli
Tamyiz M, Hamidah LN, Widiyanti A, Rahmayanti A. 2018. Pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga di Desa Kedungsumur, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Journal of Science and Social Development. 1(1): 16-23.
Utina, Ramli, “Kecerdasan Ekologis Dalam Kearifan Lokal Masyarakat Bajo Desa Torosiaje Provinsi Gorontalo”. Prosiding 10 (334), 2015
Z. R. Mufidah, P. D. Iswara, and F. Y. Hermanto, “Mengembangkan Ekoliterasi Dan ekopreneurship Siswa Sekolah dasar melalui pembelajaran Tematik Berbasis Model Project Based Learning (PJBL),” At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 5, no. 1, p. 75, 2021. doi:10.30736/atl.v5i1.509