ANALISIS MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SD ISLAM TERPADU LHI

Penulis

  • Siti Nofiati, S.Pd

Kata Kunci:

manajemen, kepemimpinan, kepala sekolah perempuan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1)menganalisis implementasi manajemen kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SD Islam Terpadu LHI Banguntapan, 2)menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam mengimplementasikan manajemen kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SD Islam Terpadu LHI Banguntapan, 3)menganalisis kebutuhan pengembangan yang diharapkan untuk menunjang manajemen kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SD Islam Terpadu LHI Banguntapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Terdapat enam subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Analisis data penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Hubberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Keabsahan penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan member check. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SD Islam Terpadu LHI Banguntapan sangat baik. Kepala sekolah memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik dan menggunakan pola kepemimpinan fasilitatif. Faktor pendukung kepala sekolah adalah semangat belajar tinggi yang dimiliki kepala sekolah, guru karyawan yang masih muda sehingga semangat untuk meningkatkan kapasitas diri, dukungan finansial, dukungan sarana prasarana, serta dukungan orang tua. Faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu dan kondisi orang tua yang beraneka latar belakang. Kebutuhan pengembangan yang diharapkan untuk menunjang manajemen kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SD Islam Terpadu LHI Banguntapan adalah peningkatan kapasitas diri di bidang kemampuan Bahasa inggris. Kepala sekolah SD Islam Terpadu LHI Banguntapan telah memiliki berbagai kemampuan yang mumpuni yang mendukung manajemen kepemimpinan kepala sekolah

Referensi

A. Nurvita, F. Alam, and I. Abdullah, “Kepemimpinan Kepala sekolah Perempuan dalam meningkatkan budaya sekolah,” J. Adm. Pendidik., vol. 17, no. 1, pp. 42–52, 2020, doi: 10.17509/jap.v27i1.24399.

W. G. Mulawarman and A. P. Srihandari, “Manajemen kepemimpinan kepala sekolah perempuan: analisis model cipp,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 7, no. 1, pp. 1–14, 2021, doi: 10.37905/aksara.7.1.1-14.2021.

H. E. Mulyasa, Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2022.

H. Halilah, “Kepemimpinan wanita dalam manajemen kependidikan,” Manag. Educ. J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2015, doi: 10.18592/moe.v1i1.341.

C. Chusniatun, K. Kuswardhani, and J. Suwandi, “Peran Ganda dan Pengembangan Karier Guru-guru Perempuan di Sekolah Muhammadiyah di Kota Surakarta,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 24, no. 2, pp. 53–66, 2014.

A. Kurniawan, “Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Perempuan: Studi Kasus Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Kota Cirebon,” Equal. J. Stud. Gend. dan Anak, vol. 1, no. 2, pp. 1–13, 2019, doi: 10.24235/equalita.v1i2.5229.

Sugiyono, Metode penelitian kombinasi (mixed methods), vol. 28. Bandung: Alfabeta, 2015.

Y. Wulandari, E. D. Sartika, and P. Perawati, “Strategi kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan mutu pendidikan,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 3, no. 1, pp. 126–136, 2018, doi: 10.31851/jmksp.v3i1.1584.

M. Juliantoro, “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” J. Al-Hikmah, vol. 5, no. 2, pp. 24–38, 2017.

E. Mulyasa, Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Diterbitkan

2024-04-01

Cara Mengutip

Siti Nofiati, S.Pd. (2024). ANALISIS MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SD ISLAM TERPADU LHI. Jurnal Riset Daerah Kabupaten Bantul, 24(1), 1–12. Diambil dari https://ojs.bantulkab.go.id/index.php/jrd/article/view/109