HUBUNGAN PERSEPSI KADER KESEHATAN TENTANG SEKOLAH KADER DENGAN KEPUASAN KADER KESEHATAN DI DUSUN SOKA SELOHARJO PUNDONG BANTUL TAHUN 2024
Kata Kunci:
persepsi, kepuasan, kader kesehatan, sekolah kaderAbstrak
Persepsi sekolah kader memiliki dampak signifikan terhadap tingkat kepuasan kader kesehatan. Pelatihan dan pemeliharaan kader kesehatan merupakan faktor penting dalam meningkatkan kinerja dan kepuasan kader. Pelatihan kader juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kepuasan terhadap peran sebagai kader. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami hubungan antara persepsi kader kesehatan tentang sekolah kader dan tingkat kepuasan kader kesehatan di Dusun Soka Seloharjo Pundong Bantul. Desain penelitian ini menggunakan Cross Sectional sedangkan untuk analisa Bivariat menggunakan Pearson Corellation untuk mengetahui hubungan antara persepsi kader kesehatan tentang sekolah kader dan tingkat kepuasan kader kesehatan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Januari sampai Februari 2024. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara persepsi kader kesehatan tentang sekolah kader dengan tingkat kepuasan kader kesehatan. Analisis data menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat antara persepsi kader kesehatan tentang sekolah kader dan tingkat kepuasan mereka. Kader kesehatan yang memiliki persepsi positif terhadap sekolah kader cenderung memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi terhadap program-program pelatihan yang mereka terima. Beberapa faktor dari persepsi kader kesehatan tentang sekolah kader yang memiliki dampak signifikan terhadap tingkat kepuasan mereka telah diidentifikasi. Persepsi positif kader kesehatan terhadap sekolah kader berhubungan erat dengan tingkat kepuasan mereka terhadap program pelatihan yang diterima. Kader kesehatan yang memiliki persepsi positif cenderung lebih puas dengan program-program tersebut.
Referensi
Andriani, R., Anggasari, Y., Mardiyanti, I., & Safitri, Y. (2022). Pemberdayaan Kader Kesehatan dalam Pengisian Buku KIA Anak. Bernas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 521-525. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3111
Febriana, A. and Widyatuti, W. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Konselor Sebaya dalam Upaya Pencegahan Perilaku Seksual Berisiko pada Remaja. Poltekita Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 777-783. https://doi.org/10.33860/pjpm.v3i4.1204
Indrawati, P., Sulistiowati, N., & Nurhesti, P. (2019). Pengaruh pelatihan kader kesehatan jiwa terhadap persepsi kader dalam merawat orang dengan gangguan jiwa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2), 71.https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.71-75
Izah, N., Zulfiana, E., & Qudriani, M. (2019). Pembentukan Kader KRR pada Siswa SMK. E-Dimas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 111. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3558
Kusumo, M., Hidayah, N., & Pramono, N. (2021). Pemberdayaan masyarakat dalam mengendalikan diabetes melitus berbasis budaya lokal. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.39.121
Lohige, W., Kolibu, F.K., Rumayar, A.A. (2023). Persepsi Pasien Mengenai Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Liun Kendage Tahuna. Jurnal Lentera Sehat Indonesia Vol. 2 No. 1. https://jurnal.lenterasehat.id/index.php/ojs/article/view/15
Nasution, A., Parinduri, S., Asnifatima, A., & Saci, M. (2021). Peluang dan tantangan promosi kesehatan kader kesehatan remaja kota bogor. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(01), 46-54. https://doi.org/10.33221/jikm.v10i01.812
Pribadi, T., Indrayana, E., & Lelono, S. (2021). Retrospektif studi: peranan kader kesehatan jiwa terkait kunjungan follow-up pasien gangguan jiwa ke puskesmas. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(4), 651-658. https://doi.org/10.33024/hjk.v14i4.1538
Ramadhania, N., dkk.2020. Kepuasan Kerja Kader Pos Pembinaan terpadu Lanjut Usia: Pendekatan Teori Herzberg.Bandung: Universitas Padjajaran. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i3.27259
Rosid, S., Rahim, F., & Sudasman, F. (2021). Analisis faktor yang berhubungan dengan kinerja kader kesehatan tuberkulosis di kabupaten kuningan pada saat pandemi covid-19 tahun 2020. Journal of Public Health Innovation, 2(1), 22-37. https://doi.org/10.34305/jphi.v2i1.345
Rua, Y., Naibili, M., Bete, R., & Seuk, S. (2023). Pelatihan kader sekolah sehat jiwa (sehati) dalam deteksi dini kesehatan jiwa di sma. International Journal of Community Service Learning, 7(1), 63-76. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.57047
Sultan, M. (2022). Persepsi dan kesiapan kader posyandu terhadap program probebaya bidang kesehatan di kota samarinda. Jurnal Riset Inossa, 4(2), 110-117. https://doi.org/10.54902/jri.v4i2.78
Alhassan, R., Spieker, N., Ostenberg, P., Ogink, A., Nketiah-Amponsah, E., & Wit, T. (2013). Association between health worker motivation and healthcare quality efforts in ghana. Human Resources for Health, 11(1). https://doi.org/10.1186/1478-4491-11-37
Ali, N. and Bangcola, A. (2022). Exploring the relationship between job satisfaction and job retention among registered nurses under the nurse deployment program in southern philippines. The Malaysian Journal of Nursing, 14(02), 143-150. https://doi.org/10.31674/mjn.2022.v14i02.024
Amoran, O., Omokhodion, F., Dairo, M., & Adebayo, A. (2006). Job satisfaction among primary health care workers in three selected local government areas in south western nigeria. Nigerian Journal of Medicine, 14(2). https://doi.org/10.4314/njm.v14i2.37180
Anisah, A. and Hidayat, E. (2023). Peran budaya organisasi sekolah dan kepuasan guru dalam meningkatkan prestasi siswa. Syntax Idea, 5(1), 113. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v5i1.2123
Arif, A., Effendy, D., Muchtar, F., Asfian, P., & Asriati, A. (2022). Factors related to the utilization of integrated health services among older people in kendari city, southeast sulawesi province, indonesia. Public Health of Indonesia, 8(4), 103-109. https://doi.org/10.36685/phi.v8i4.641
Azizah, D., Badriah, D., & Setiati, N. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pengetahuan kader posyandu tentang golden period pada anak batita di posyandu desa garajati kecamatan ciwaru 2021. Journal of Midwifery Care, 2(01), 24-33. https://doi.org/10.34305/jmc.v2i01.352
Dianita, A., Nurgahayu, & Septiyanti (2022). Hubungan Kinerja Kader dengan Keaktifan Posyandu pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Tamamaung Kota Makassar. Window of Public Health Journal, Vol. 3 No.2: 389-399 http://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/view/woph2620
Baker, J., Dilly, L., Aupperlee, J., & Patil, S. (2003). The developmental context of school satisfaction: schools as psychologically healthy environments.. School Psychology Quarterly, 18(2), 206-221. https://doi.org/10.1521/scpq.18.2.206.21861
Danielsen, A., Samdal, O., Hetland, J., & Wold, B. (2009). School-related social support and students' perceived life satisfaction. The Journal of Educational Research, 102(4), 303-320. https://doi.org/10.3200/joer.102.4.303-320
Ersila, W., Prafitri, L., & Nooryana, S. (2021). Pengaruh pelatihan tentang perawatan pasien pasca stroke terhadap peningkatan pengetahuan kader. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1, 2098-2104. https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.979
Fatikhah, N., Supriyanto, I., & Restuning, S. (2023). The effect of using the training module on the knowledge level of small dentist cadres. JDHT Journal of Dental Hygiene and Therapy, 4(1), 25-31. https://doi.org/10.36082/jdht.v4i1.989
Fitriani, A. and Purwaningtyas, D. (2020). Peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu dalam pengukuran antropometri di kelurahan cilandak barat jakarta selatan. Jurnal Solma, 9(2), 367-378. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.4087
Kim, M., Arsenault, C., Atuyambe, L., & Kruk, M. (2021). Predictors of job satisfaction and intention to stay in the job among health-care providers in uganda and zambia. International Journal for Quality in Health Care, 33(3). https://doi.org/10.1093/intqhc/mzab128
Kumalasari, R. (2021). Penguatan kader kesehatan melalui edukasi gizi dalam mengatasi anemia pada ibu hamil.. https://doi.org/10.31219/osf.io/ewkf5
Lestari, R., Darussalam, M., Azizah, F., & Sipora, S. (2021). Peningkatan kemampuan kader remaja dalam pengendalian hipertensi melalui posyandu remaja parikesit. Journal of Innovation in Community Empowerment, 3(2), 48-56. https://doi.org/10.30989/jice.v3i2.625
Ramadhania, N., Gondodiputro, S., Wijaya, M., Didah, D., & Mandiri, A. (2020). Cadres of the integrated health post for elderly and their satisfaction: herzberg theory approach. Sosiohumaniora, 22(3), 309. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i3.27259
Rua, Y., Naibili, M., Bete, R., & Seuk, S. (2023). Pelatihan kader sekolah sehat jiwa (sehati) dalam deteksi dini kesehatan jiwa di sma. International Journal of Community Service Learning, 7(1), 63-76. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i1.57047
Solehati, T., Sari, C., Lukman, M., & Kosasih, C. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan deteksi dini dan pencegahan anemia dalam upaya menurunkan aki pada kader posyandu. Jurnal Keperawatan Komprehensif, 4(1), 7-12. https://doi.org/10.33755/jkk.v4i1.75
Toropova, A., Myrberg, E., & Johansson, S. (2020). Teacher job satisfaction: the importance of school working conditions and teacher characteristics. Educational Review, 73(1), 71-97. https://doi.org/10.1080/00131911.2019.1705247
Wadi, M., Suaebah, S., Ginting, M., Wardhani, P., & Puspita, W. (2022). Edukasi media roda gizi dapat meningkatkan pengetahuan gizi kader. Jurnal Vokasi Kesehatan, 8(2), 108. https://doi.org/10.30602/jvk.v8i2.994
Wahyuni, C. and Artanti, K. (2013). Pelatihan kader kesehatan untuk penemuan penderita suspek tuberkulosis. Kesmas National Public Health Journal, 8(2), 85. https://doi.org/10.21109/kesmas.v8i2.348
Yuliasari, H. and Kusuma, R. (2021). Systematic literature review: komitmen dan kepuasan kerja terhadap kinerja kader puskesmas. Jurnal Psikologi Jambi, 5(2), 64-79. https://doi.org/10.22437/jpj.v7i2.12641