PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MATERI INSEMINASI BUATAN PADA UNGGAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI SMK NEGERI 1 PANDAK
Kata Kunci:
hasil belajar, keterampilan, inseminasi buatan, Model Pembelajaran Project Based Learning, ResponAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran, respon peserta didik, keterampilan dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannnya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan di SMK Negeri 1 Pandak tahun pelajaran 2023/2024, pada capaian pembelajaran menetaskan telur sub materi inseminasi buatan pada unggas. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas XII Agribisnis Ternak Unggas (ATU). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan rubrik penilaian praktik. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan model pembelajaran Project Based Learning memiliki kemampuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik yang dapat mempengaruhi hasil belajar, secara individu ataupun kelompok. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat diterapkan pada kurikulum merdeka, pada mata pelajaran, pembibitan ternak unggas, elemen pengelolaan produksi pada capaian pembelajaran menetaskan telur, sub materi inseminasi buatan pada unggas.
Referensi
Buku. saku S. Pusat. Keunggulan. Kemendikbud, “Kementerian pendidikan dan kebudayaan.”
Cahyani, Rita. Lutfiyah., “Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Mata Pelajaran Pengembangan Bisnis Busana Di Smk Negeri 1 Buduran” vol. 08, 2019. ISSN: 2614-6754 (print) ISSN: 2614-3097(online) Halaman 22635-22641 Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023 Jurnal
Grant, “Model Pembelajaran Project Based Learning Kemdikbud,” no. 2010, 200
Wiranata, R. R. S. (2019). Tantangan, Prospek Dan Peran Pesantren
Sudiyoko, P., Nugrahani, F., & Suwarto. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2556–2560.
Pillena, L. S., Cahyana, U., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Media Mobile Learning Dan Kemampuan Metakognitif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2), 157–167. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5132
Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian Penguatan (reinforcement) dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 83–96. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.1800