PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENULIS NARRATIVE DI PADLET DAN BERBICARA DENGAN TALK SHOW
Kata Kunci:
Pembelajaran, Menulis, Berbicara, Narrative, TalkshowAbstrak
Praktik terbaik dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menulis dan berbicara ‘Narrative’ dengan talkshow bertujuan untuk menerapkan kemampuan peserta didik menulis cerita narrative dan berbicara dengan ‘Talkshow.‘ Metode ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berdasarkan observasi, pelaksanaan pembelajaran dan kuestioner. Subjek penelitian ini peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bantul. Berdasarkan praktik terbaik dalam pembelajaran tersebut yang dilakukan yaitu penjelasan materi ‘Narrative’ kegiatan berkelompok dalam menulis dan berbicara dengan talkshow. Berdasarkan hasil kuestioner dan praktik menulis cerita dan berbicara dengan talkshow peserta didik dapat menulis cerita , praktis menulis di Padlet, kreatif, menyenangkan, pengalaman, meningkat tata bahasa dan kosakata, punya percaya diri, memperbaiki kemampuan berbicara, bekerja sama dan saling bercerita dengan santai
Referensi
Anita Triastuti,dkk (2021) Designing English Text -Based Instruction with Principled Eclecticism , Yogyakarta :UNY Press
Gani, R. A. (2018). Implementasi Metode Mind Mapping Untuk meningkatkan Minat dan Kompetensi Writing Siswa Kelas VII D SMPN 5 Kopang. Paedagoria , 9(1), 24-29 Universitas Muhammadiyah Mataram; Journal Paedagoria
https://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/264
Alfia Rachma Firnanda dkk (2021) The Use of Padlet Application to Improve Students’ Writing Skill, Jurnal Pendidikan, Universitas Negeri Malang vol.6.no 11 https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/15106
Fowler & Aaron. (2006). The Little, Brown Handbook. Pearson: Longman.
Jumanta Hamdayama (2016) Metodologi Pengajaran , Jakarta : PT Bumi Aksara
Nurrohmah (2006 ). Improving Student’s Writing Skill Using Process Approach UIN Malang:Jurnal LINGUA https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/humbud/article/view/552/901