Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Dalam Keputusan Pembelian Kuliner Di Angkringan Puncak Bibis Bantul
Kata Kunci:
Produk, Harga, Promosi, Lokasi, dan Keputusan Pembelian WisatawanAbstrak
Angkringan Puncak Bibis Bantul adalah salah satu tempat wisata kuliner di Kabupaten Bantul Yogyakarta yang menjual berbagai macam masakan khas pedesaan. Berawal dari angkringan biasa yang kemudian ramai dikunjungi wisatawan membuat Angkringan Puncak Bibis Bantul berkembang pesat, tentu saja perkembangan tersebut dipengaruhi berbagai faktor sebagai daya tarik bagi wisatawan baik dari faktor Produk, faktor Harga, faktor Promosi, dan faktor Lokasi. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengambil judul Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Dalam Keputusan Pembelian Kuliner di Angkringan Puncak Bibis Bantul.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap wisatawan dalam keputusan pembelian kuliner di Angkringan Puncak Bibis Bantul dan mengetahui Mengetahui variabel yang paling dominan yang mempengaruhi wisatawan dalam keputusan pembelian kuliner di Angkringan Puncak Bibis Bantul.
Hasil menunjukkan bahwa (1) Faktor Produk (X1), Faktor Harga (X2), Faktor Promosi (X3), dan Faktor Lokasi (X4) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Wisatawan dalam Keputusan Pembelian Kuliner di Angkringan Puncak Bibis Bantul dengan nilai sebesar 18,139>2,47 . (2) Faktor Produk (X1) bukan menjadi faktor dominan dengan nilai 3,688 dan Faktor Lokasi (X4) adalah variabel paling dominan yang mempengaruhi Wisatawan dalam Keputusan Pembelian Kuliner di Angkringan Puncak Bibis Bantul dengan nilai 4,213. R Square sebesar 0,409 yang berarti 40,9% variabel Keputusan Pembelian Wisatawan (Y) dipengaruhi oleh variabel Produk (X1), variabel Harga (X2), variabel Promosi (X3), dan varibel Lokasi (X4), sisanya sebesar 59,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas pada penelitian ini.
Referensi
Atmasari, N. (2021). “Jogja Masuk 3 Kota Paling Banyak Dikunjungi di Awal 2021”.HarianJogja.com. 10 Maret 2021. Dalam
https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2021/03/10/510/1065804/jogja-masuk-3-kota-paling-banyak-dikunjungi-di-awal-2021. Diakses 30 Maret 2021
Br Sembiring, M. S. (2020). Pengaruh Kenyamanan, Keamanan, dan Keindahan Terhadap Kepuasan Wisatawan Berkunjung ke Bukit Kubu Berastagi.
Dahlan, Sopiyudin. (2010). Besar Sampel Dan Cara Pengambilan Sampel Dalam Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika
Istanti. (2020). “Yogyakarta dan Masa Depan Pariwisata Berbasis Budaya”. Detik News. Dalam
https://news.detik.com/kolom/d-4886546/yogyakarta-dan-masa-depan-pariwisata-berbasis-budaya. Diakses 28 Maret 2021.
Kurniawan, F. (2010). Potensi wisata kuliner dalam pengembangan pariwisata di Yogyakarta. Tugas Akhir Universitas Sebelas Maret.
Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis -Universitas Indonesia. (2018). Laporan Akhir Kajian Dampak Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Indonesia. Jakarta. Kampus UI Salemba.
Mandey, J. B. (2013). Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).
Mangifera, L., Isa, M., & Wajdi, M. F. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pemilihan Kuliner di Kawasan Wisata Alam Kemuning. Jurnal Manajemen Dayasaing, 20(1).
Permatasari, M., Rahman, A., Harahap, Z., & Mandasini, R. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Menarik Minat Wisatawan Terhadap Keputusan Pemilihan Rumah Makan di Sumatera Selatan. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 2(2), 73-83.
Priyatno Dwi. (2018). SPPS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakrta: ANDI.
Rangkuti, Fredy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication.Jakarta: Gramedia Pusataka Utama.
Syarifudin Ahmad. (2020). “Angkringan Puncak Bibis Bantul, Tempat Asyik Kulineran Sambil Nikmati Teduhnya Jogja”. TribunJogja.com Dalam
https://jogja.tribunnews.com/2020/07/10/angkringan-puncak- Bibis Bantul-tempat-asyik-kulineran-sambil-nikmati-teduhnya-jogja. Diakses 5 April 2021.
Wardiyanta, W., Adilla, F., & Hidayat, M. S. (2020). Peran Diferensiasi Kuliner dan Pemasaran Dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Yogyakarta. Media Bina Ilmiah, 15(4), 4311-4320.
Wijayanti, A. (2020). Wisata Kuliner Sebagai Strategi Penguatan Pariwisata Di Kota Yogyakarta, Indonesia. Universitas Bina Sarana Informatika.