MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS GRAMMAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DI SMA NEGERI 1 BANTUL

Penulis

  • Erna Pujiasih

Kata Kunci:

Menulis, Grammar Past Tense dan Present Perfect, Kooperatif, Gambar dan Gambar

Abstrak

Penelitian ini tentang pengajaran Bahasa Inggris dengan model pembelajaran koopertif tipe
Picture and Picture yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis grammar Past
Tense dan Present Perfect. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA
Negeri 1 Bantul berjumlah siswa 33 orang. Waktu pelaksanaan penelitian dari bulan Desember
2018 sampai dengan Maret 2019. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Tahapan
pelaksanaan tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan pembelajaran, refleksi dengan
model pembelajaran tipe picture and picture. Pengumpulkan data dengan cara observasi,
angket, wawancara dan evaluasi hasil tindakan dilanjutkan refleksi. Berdasarkan data menulis
terdapat peningkatan dari 73% menjadi 97%. Kemudian berdasarkan data angket respon siswa
kuesioner didapatkan 92% menjadi 93% yang menyatakan setuju dan sangat setuju. Siswa lebih
dapat memahami, mudah mengingat materi, berinteraksi dan saling diskusi dalam pembelajaran
berkelompok, pembelajaran menjadi menyenangkan, menarik dan tidak membosankan.
Menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan
kemampuan menulis grammar Past Tense dan Present Perfect. Model ini sangat bermanfaat
dan menarik dalam belajar, variatif dalam pembelajaran dan sangat sesuai untuk digunakan guru
dalam mengajarkan grammar Past Tense dan Present Perfect.

Referensi

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Barno dan Endarti . 2018. Top & Simple GRAMMAR .Yogyakarta: Penerbitbrilliant.

Brown,H. Douglas. 2001. Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco State University: Pearson Longman Inc.

Miftahul Huda, 2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran .Yogyakarta : Pustaka Pelajar , hlm.236-239

Suharsimi Arikunto dkk. 2017.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-31

Cara Mengutip

Pujiasih, E. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS GRAMMAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DI SMA NEGERI 1 BANTUL. Jurnal Riset Daerah Kabupaten Bantul, 20(1), 3458–3467. Diambil dari https://ojs.bantulkab.go.id/index.php/jrd/article/view/24