PERAN PENTING TOURISM MARKETING 3.0 DALAM UPAYA MENCIPTAKAN PARIWISATA UNGGUL DAN BERKELANJUTAN DI KABUPATEN BANTUL (STUDI KASUS : KEBUN BUAH MANGUNAN).
Kata Kunci:
Tourism Marketing 3.0, Pariwisata BerkelanjutanAbstrak
Konsep Tourism Marketing 3.0 telah digunakan oleh beberapa destinasi wisata di dunia
dalam menarik kunjungan wisatawan. Adapun indikator yang dipakai adalah technology
change, political-legal change, economic change, socio-culture change and market change.
Banyaknya bermunculan daya tarik wisata di Yogyakarta, mendorong pengelola mengatur
strategi serta rencana yang tepat agar objek wisata Kebun Buah Mangunan semakin diminati.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisa penerapan konsep Tourism Marketing 3.0 pada Objek
Wisata Kebun Buah Mangunan, dalam rangka menarik kunjungan wisatawan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang
dipadukan dengan konsep analisa Tourism Marketing 3.0. Pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, metode dokumenter, metode bahan visual,
dan studi pustaka. Subjek penelitian ini adalah beberapa orang yang berasal dari Dinas
Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata, Pengelola di lapangan, serta
beberapa wisatawan yang berkunjung ke Objek wisata Kebun Buah Mangunan. Tahapan
pengolahan dan analisa data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif,
diantaranya: transkripsi data, reduksi data, pengkodean dan kategorisasi data, serta Penarikan
Kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa objek wisata Kebun
Buah Mangunan belum sesuai dengan konsep Tourism Marketing 3.0. Hal ini dikarenakan
atribut yang digunakan: technology change, political legal change, economic change, socioculture change and Market change belum seluruhnya diterapkan. Dengan hasil tersebut,
diperlukan adanya strategi dan program yang tepat dalam penerapan konsep tersebut untuk
menarik kunjungan wisatawan
Referensi
DIY. 2012. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Retrieved September 1, 2016, from www.pemprovjogja.go.id.
Dwinugraha, dkk. 2014. Policy Change Implication Toward Integrated Wonorejo Zone As a Strategic Economic Development Zone. Journal o f I n d o n e si a n To u rism a n d Development Studies, Vol 2 No 2, 73 - 76
Gu st a v o , Nu n o . 2 0 1 3 . Ma r k e ti n g Management Treands In Tourism And st Hospitality Industry: Facing The 21
Century Environment. International Journal of Marketing Studies Vol 5 No. 3, 13 – 25.
Hasan, Ali. 2015. Green Tourism Marketing Model. Jurnal Media Wisata, Volume 13, Nomor 2, 267 - 294
Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif : Untuk Ilmu – ilmu Sosial. Jakarta. Salemba Humanika
Kertajaya, Hermawan. 2013.Tourism Marketing 3.0.Jakarta: Gramedia. Moeis & Fahmi. 2012. Model Layanan Transportasi Untuk Menarik Minat
Wisatawan Berkunjung ke Objek Wisata Di Jawa Timur. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 24-34.
Nabila. 2013. Marketing 3.0 Dalam Hospitality Industry (Accor Hotel). Yogyakarta: Universitas Gajah Mada. http://etd.repository.ugm
Pitana & Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.
Priyanto dkk. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Se rta Dampaknya Terhadap Loyalitas (Studi di Ciater
Spa Resort). Upajiwa Dewantoro, Vol 2 No 2, 99 – 111
Raihani. 2010. Kepemimpinan Sekolah Transformatif. Yogyakarta: LKiS.
Santoso & Kartika. 2018. Motivasi dan Perilaku Wisatawan Generasi Muda Saat Berwisata di Yogyakarta. JRMB, Volume 13, No. 1, 47 - 58
Setiawan, dkk. 2017. The Mobilization of Using Cultures and Local Government's Political-Economy Goals in Post-Reformation Banyuwangi. HUMANIORA, Volume 9 Number 1 : 12 - 23
Sulistyo, Agung. 2017. Analisis SWOT 8-K Pada Objek Wisata Rekreasi danHiburan k e luarga Kid's FunYogyakarta. Jurnal Kepariwisataan,Volume 11 Nomor 2, 1–10
Sulistyo, Agung. 2017. Analisis “Marketing 3.0” Pada Perusahaan PT. Radio Suara Indrakila (KR Radio 107,2 fm) Yogyakarta. Prosiding Seminar
Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitain dan Pengabdian Masyarakat. 12 – 19.
Sulistyo & Salindri. 2019. Pengembangan “Si Thole” Sebagai Transportasi Pariwisata Terintegrasi Di Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional:Membangun Green Entrepreneur Solusi Bonus Demografi Indonesia, 138 – 151.
Susilo & Suryaty. 2015. Analysis Hybrid Model: An Influencing Marketing 3.0 to Purchasing on Post Graduate Program Institutions in Jakarta.
International Journal of Economics and Financial Issues,5, 165-171.
Yin, R.K. 2008. Studi Kasus : Desain dan Metode. Jakarta. Raja Grafindo Persada Yulianto, Atun. 2018. Peringkat Destinasi
dan Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Pantai di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, Volume 16 Nomor 1, 651 - 661