Pemanfaatan Media Audio Pembelajaran Permainan Tradisional Anak Nusantara (Permata Nusantara) Untuk Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK ABA Among Putro Kadirojo Bantul
Kata Kunci:
sosial emosional, media audio pembelajaran.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sosial emosional anak melalui pemanfaatan media audio Permata Nusantara di TK ABA Among Putro Kadirojo Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini anak usia dini kelas B2 dan berjumlah 18 anak.
Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Instrumen pengumpulan data pada pedoman observasi dan pedoman wawancara.
Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan jika sosial emosional yang memperoleh nilai KKM = 76%. Kemampuan sosial emosional dapat ditingkatkan dengan media audio pembelajaran permainan tradisonal anak nusantara (PERMATA NUSANTARA) dengan menggunakan langkah-langkah penelitian yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil didapatkan dari pra tindakan kemampuan sosial emosional 53,3% (kurang) kemudian meningkat menjadi 78,1% (baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 96,8% (baik) pada siklus II.
Referensi
Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
Daryanto.(2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Hildayani.(2011). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Masnur Muslich. (2010). Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nana Sudjana & Ibrahim (2004).Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Sinar Baru.
Rita Eka Izzaty dkk.(2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
_______ (2006).Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Zainal Aqib. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Innovatif). Bandung: Yrama Widya.
_______ (2006).Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.