Strategi UMKM Bantul Merespon Pandemi (Studi Kasus Bidang Kriya/Kerajinan)

Penulis

  • Arif Suharson

Kata Kunci:

Bantul, Pandemi, Kriya, Kerajianan, Covid19, Strategi

Abstrak

Tujuan kajian ini adalah agar para pelaku UMKM Bantul bidang kriya/kerajinan memiliki strategi untuk merespon pandemi dengan tetap melakukan aktifitas, merubah cara pandang, dan menembus batas lintas penciptaan produk-produk yang berhubungan dengan pandemi. Kemudahan akses teknologi informasi menjadi solusi sebagai sarana komunikasi
dengan memanfaatkan dunia media sosial, mengembangkan profesionalisme dan melakukan sinergi kolaboratif usaha yang saling menguntungkan. Kajian ini menggunakan paradigm
kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk melakukan proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidikisuatufenomenasosial dan masalah
manusia. Kajian ini menggunakan penggabungan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dan wawancara dilakukan dengan teknik
populasi dan sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Hasil kajian mendapatkan gambaran kompleks tentang
dampak pandemi Covid-19 pada UMKM bidang kriya/kerajinan, khususnya di Kabupaten Bantul sebagai pusat pelaku kriya/kerajinan terbanyak di Yogyakarta. Proses kreatifitas dari
pelaku UMKM dalam merespon pandemi Covid-19 untuk tetap bertahan dalam kondisi sulit membawa pengaruh besar pada kelangsungan hidup UMKM yang berdampak pada penyerapan
tenaga kerja secara luas.

Referensi

Abdullah, Irwan, 2007, Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Amabile, Theresa, 1992, Growing Up Creative, (MA: Creative Education Foundation)

Bogdan, R. C. And S. K. Biklen, 1982,QualitativeResearchfor Education: AnIntroduction to TheoryandMethods,Boston: AllynandBocan,Inc.,

Creswell, J.W. 1998, Qualitatif Inquiry and Research Design, Sage Publications, Inc: California.

Moleong,LexyJ,2004,MetodologiPenelitianKualitatif,PenerbitPTRemaja Rosdakarya, Bandung

Nasution, S, dan Kaelan, 2005, BukuPenuntunMembuatTesis, Skripsi, Disertasi, PenerbitBumiAksara, Jakarta

Rakhmat, Jalaludin, 2002, PsikologiKomuikasi, RemajaRosdakarya: Bandung

Soedarsono, R.M, 2001, MetodologiPenelitianSeni Rupa dan Pertunjukan, Masyarakat SeniPertunjukanSeniIndonesia, Bandung

Sony Kartika, Dharsono, 2016, KreasiArtistikPerjumpaanTradisi Modern DalamParadigmaKekaryaanSeni, Citra Seni Lembaga Pengkajian dan KonservasiBudaya Nusantara, Karanganyar.

Sugiyono.2013.MetodePenelitianKuantitatif,Kualitatif,danR&D.ALFABETA,Bandung

Suharson, Arif, 2018, RuangBaru Kriya Nusantara dalamKatalogPameranBesarSeni Kriya UNDAGI#2 InspirasiBudaya Nusantara Dalam Kriya, Kementerian Pendidikan dan KebudayaanDirektoratJenderalKebudayaanDirektoratKesenian.

Sunarto, Bambang, 2007,EpistemologiPenciptaanSenidalamMetodePenciptaanSeni Dari ParadigmaHinggaMetode, ISI Press Surakarta

Suwarno, Wisetrotomo, 2018, MenitiOmbak Di Era Milenial (Problem Di SekitarFungsiSeni, dan KritikKebudayaan), PidatoIlmiah, Pada Dies Natalis XXXIVISI Yogyakarta, Yogyakarta

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

Suharson, A. (2020). Strategi UMKM Bantul Merespon Pandemi (Studi Kasus Bidang Kriya/Kerajinan). Jurnal Riset Daerah Kabupaten Bantul, 20(3), 3661–3675. Diambil dari https://ojs.bantulkab.go.id/index.php/jrd/article/view/43