Blended Learning Berbasis Instagram Solusi Pembelajaran Kreatif Di Tengah Pandemi Covid-19
Kata Kunci:
blended learning, instagram, pembelajaran praktik, produk kreatif, kewirausahaanAbstrak
Tujuan dari penelitian ini antara lain, 1) Mengoptimalkan pembelajaran model blended learning berbasis Instagram pada kelas mata pelajaran PKWU, 2) Memberikan dampak positif dan pengalaman baru dalam pembelajaran bagi siswa untuk menjadi seorang entrepreneurship di kelas. Pada saat pandemi secara tiba-tiba guru dan siswa dihadapkan dalam pembelajaran jarak jauh, tanpa terkecuali mata pelajaran produktif yang merupakan pembelajaran praktik sehingga membuat guru harus berpikir kreatif agar siswa tetap dapat melaksanakan praktik di rumah. Kesulitan yang dialami selama kegiatan belajar secara daring ini antara lain; 1) pembelajaran praktik Produk Kreatif dan Kewirausahaan terkendala daring; 2) siswa sering terkendala kuota dan sinyal; 3) tidak semua media sosial dapat memuat video/ gambar interaktif yang dapat merekam kegiatan yang dilakukan siswa; 4) pengumpulan tugas siswa tidak tepat waktu.
Solusi pembelajaran yang dilakukan guru yakni dengan mengimplementasikan model pembelajaran blended learning berbasis Instagram pada siswa kelas XII Tata Kecantikan 2 sebanyak 27 orang. Model blended learning adalah pembelajaran yang menggabungkan berbagai teknologi berbasis web untuk mencapai tujuan pembelajaran, atau kombinasi dari tatap muka dengan kelas online. Dalam pelaksanaannya guru menggunakan media sosial sebagai penunjang pembelajaran yakni Instagram. Dengan prosedur penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendepatan kualitatif dan dituliskan secara empiris berdasarkan pengalaman guru selama mengajar.
Hasil yang dicapai dari kegiatan ini munculnya dampak positif pada siswa yakni menjadi lebih bertanggung jawab dan disiplin (entrepreneurship) dalam mengikuti pembelajaran secara online maupun offline. Pembelajaran praktik dapat disolusikan dengan praktik di rumah dan dipresentasikan melalui live streaming Instagram, sedangkan efektivitas yang muncul adalah; 1) sebanyak 70% siswa merasa senang karena dapat menjadi solusi praktik di rumah yang diawasi oleh guru secara daring; 2) munculnya rasa tanggung jawab siswa terhadap jadwal praktik yang telah disusun tanpa diperintah atau dipaksa; 3) munculnya rasa mandiri atas pekerjaan atau tindakan praktik yang dilakukan secara daring; 4) pengumpulan tugas siswa yang tepat waktu secara luring
Referensi
Adani, MR,(2020) Penggunaan Media Sosial dan Managemen Bisnis, Sekawan Media, Malang
Beetlestone, Florence, (2013) CreativeLearning; Strategi Pembelajaran Untuk(Hamdayama & Hamdayama, 2014)MelesatkanKreativitas Siswa, Nusa Media, Bandung
Degeng, I Nyoman, (1993), Mencari Pendekatan Baru Pemecahan Masalah Belajar, Malang, UNM
Dimyati, Mudjiono, (2009), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, PT. Rineka Cipta
Driscool, M (2002), Blended Learning; Lets Get Beyonf The Hype, IBM Global service
Driscool, Margaret & Carliner, Saul, 2005, Advanced Web Based Training Strategis: Unlocking Intructionality Sound Online Learning, San Francisco: Pfeiffer
El, Khuluqo, Ihsana, (2017), Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metodelogi dan Aplikasi Nilai-nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Ermavianti, Dwi, Suharson, Arif (2019), Produk Kreatif dan Kewirausahaan Tata Kecantikan Kulit dan Rambut Untuk SMK Kelas XI, Andi Offset, Yogyakarta
Hamdayama, Jumanta, (2014) Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter,Ghalia Indonesia, Bogor
Kaplan, Andreas, M dan Haenlein Michael, (2020) Users of The World United The Challenges and Opportunity of Social Media, Business Horizon
Kemdikbud, (2020) Panduan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Selama Sekolah Tutup dan Pandemi COVID-19 dengan semangat Merdeka Belajar, Jakarta
Moleong, J. Lexy (2018), Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Munir, (2009), Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Alfabeta, Bandung
Nugraha, Ryan (2015), Penerapan Metode Belajar Bauran (Blended Learning) dengan Media Blog dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerpen, Universitas Pendidikan Indonesia
Rahyubi, Heri, (2012), Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Referens, Majalengka
Sadiman, S. Arief, (1990), Media Pendidikan, Pengertian dan Manfaatnya, CV. Rajawali, Jakarta
Siagian, Salim & Asfahani, (995), Kewirusahaan Indonesia dengan Semangat 17.8.45, Kloang Klede Jaya PT Putra Timur Bekerjasama dengan Pulatkop dab PK Depkop dan PPK, Jakarta
Siregar, Eveline, Nara, Hatini, (2011) Teori Belajar dan Pembelajaran, Ghalia Indonesia, Bogor
Suyitno, (2018), Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Eksperimen dan R&D Disertai Contoh dan AplikasiPraktis, Alfabeta, Bandung
Whitelock, D.& Jelfs, A. (2003), Editorial. Special Issue on Blended Learnng. Journal of Educational Media. Journal of Educational Media, 28(2), hlm.99-100
Wibowo, Muladi. (2011), Pembelajaran Kewirausahaan dan Minat Wirausaha Lulusan SMK. Jurnal Ekplanasi, Vol 6 (2), hlm 109-122
Winkel, WS. (1991), Psikologi Pengajaran, Jakarta, Gramedia
https://kompas.tekno.com dengan judul artikel “Sebanyak inikah pengguna Instagram di Indonesia?” diakses pada hari Jum’at tanggal 14 Agustus 2020 pukul 18.45 WIB
https://www.sekawanmedia.co.id/media-sosial-untuk-bisnis/Pengarug penggunaan Media Sosial dan Managemen Bisnis