Meningkatkan Kemampuan Membaca Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Presentasi Media Gambar Pada Anak Kelompok B TK Lembaga Tama II Semester II Tahun Ajaran 2020-2021
Kata Kunci:
kemampuan membaca, pembelajaran jarak jauh, presentasi, media gambarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam Pembelajaran
Jarak Jauh melalui Presentasi Media Gambar bagi anak kelompok B TK Lembaga Tama II
Semester II Tahun Ajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau
PTK.
Subjek dari penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Lembaga Tama II Sabdodadi
Bantul yang berjumlah 16 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Objek
penelitian ini berupa kemampuan membaca melalui presentasi media gambar dalam
Pembelajaran Jarak Jauh yang meliputi mengenal dan mengidentifikasi huruf vokal dan
konsonanan, menggabungkan huruf vokal dan konsonan, membaca kata atau kalimat
sederhana, dan menulis kata dan kalimat. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk
pembelajaran yaitu dengan lembar evaluasi dan dokumentasi yang berupa foto kegiatan
pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan
kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat terlihat peningkatan keterampilan membaca anak.
Pada kriteria Belum Berkembang pada pra tindakan 56 %, Siklus I 19 %, dan Siklus II 5 %. Pada
kriteria Mulai Berkembang pada pra tindakan 44 %, Siklus I 44 % dan Siklus II 13 %. Pada
kriteria Berkembang Sesuai Harapan pada pra tindakan 0%, Siklus I 37 %, dan Siklus II 57 %.
Sedangkan untuk kriteria Berkembang Sangat Baik pada pra tindakan 0%, Siklus I 0%, dan pada
Siklus II mengalami peningkatan menjadi 25%.
Referensi
Ali Nugraha, dkk. (2014). Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Depdikbud. (1996). Pengembangan Kemampuan Berbahasa di Taman
Kanak-kanak. Jakarta.
Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di
Tama n Ka n a k - k a n a k . J a k a rt a : Direktorat Pendidikan TK da SD.
Depdiknas. (2008). Media Pembelajaran. Ba n d u n g : D ir e k t o r a t J e n d r a l Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.
Direktorat PAUD Kemdikbud. (2020). Bermaian Bahasa Di Rumah Dalam
M e l a k s a n a k a n B e l a j a r D a ri Rumah.Jakarta.
Dirjen GTK Kemdikbud. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh.Jakarta
Direktorat PAUD Kemdikbud. (2020). Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar Dari Rumah.Jakarta.
Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta:
Depdiknas.
Kusumah, W dan Dwitagama, D. (2009). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: PTIndeks.
Luluk Asmawati, dkk. (2014). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia
Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Masitoh, dkk. (2014). Strategi Pembelajaran TK. Tangerang Selatan: Universitas
Terbuka. May Lwin, Adam Khoo, Kenneth Lyen,
C a r o l i n e S i m . ( 2 0 0 8 ) . C a r a Mengembangkan Berbagai Komponen
Kecerdasan (Terjemahan). Indeks.
Nurbiana Dhieni, dkk. (20014). Metode
engembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Si h k a b u d i n . ( 1 9 9 5 ). Mo d e l Me d i a Pendidikan. Malang: FIPIKIPMalang.
Suharsimi Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: PTRineka Cipta.