Meningkatkan Kemampuan Merencanakan dan Melaporkan Hasil Penelitian tentang Faktor Luar Pertumbuhan Tanaman Melalui Analisis Jurnal Ilmiah
Kata Kunci:
analisi jurnal, kekamouan merencanakan penelitian, analisis jurnal hasil penelitian, pertumbuhan tanamanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan merencanakan dan melaporkan hasil penelitian bidang Biologi pada siswa kelas XII SMA N 1 Bantul pada Kompetensi Dasar 3.1/4.1 ‘Merancang, melakukan dan melaporkan hasil penelitian tentang pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan-perkembangan tanaman, secara lisan maupun tertulis. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengidentifikasi variable penelitian, dan variasi judul penelitian serta laporan hasil penelitian yang monoton dikarenakan kurangnya wawasan siswa tentang referensi penelitian, serta kompleksitas materi terkait.
Penelitian ini merupakan penelitian best praktis, dengan model pembelajaran proyek dengan metode analisis jurnal hasil penelitian ber ISSN tentang pertumbuhan maupun produktivitas tanaman dalam perencanaan penelitian dilanjutkan penelitian, pengambilan data hingga mengkomunikasikan hasil penelitian secara tulis dan lisan dilakukan dalam pembelajaran pada KD tersebut. Pengamatan dilakukan sejak Tahun Pelajaran 2017/2018 sampai dengan 2020/2021. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif disertai penjabaran dampak pembelajarn dengan metode ini.
Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa semua kelompok siswa tidak mengalami kesulitan dalam merancang sampai mempresentasikan hasil penelitian,
siswa aktif berkonsultasi selama penelitian, hingga penyusunan laporan. Daya serap indicator terkait dalam UNBK bagi siswa SMAN 1 Bantul meningkat yaitu 74,07 kemudian 75,00 dan pada tahun pelajaran 2018/2019 meraih 100%. Banyak manfaat dirasakan siswa yang digali melalui questioner yaitu mereka dapat merancang (menentukan dan cara menulis judul, merumuskan masalah, hipotesis, menentukan variable penelitian, menentukan topik pada tinjauan Pustaka) hingga melaporkan hasil penelitian dengan hambatan yang relative sedikit, termotivasi untuk melaksanakan tugas tersebut karena telah mendapatkan gambaran tentang penelitian secara rinci, merasa senang dengan tambahan wawasan konsep baru, memahami keterkaitan antar konsep, menggunakan jurnal sebagai sumber referensi baru, kerja sama kelompok, mempresentasikan secara formal, mampu menjawab pertanyaan, dan memiliki rasa ingin tahu penelitian kelompok lain, sehingga pembelajaran tidak membosankan.
Referensi
Irianto, dkk. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula.
Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajar 2014/2015 Mata Pelajaran Biologi SMA/SMK. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nuraini. (2015). Perbandingan Pemanfaatan Jurnal Tercetak dengan Jurnal Elektronik untuk Kebutuhan Informasi Mahasiswa di Perpustakaan USU Cabang Kedokteran. Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi - Volume XI Nomor 2.
Nuryani. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Penerbit Universitas negeri Malang.
Parmin dan Peni. (2012). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. JPII 1 (1) 2012. 8-15.
Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu: Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sani, Ridwan Abdulah. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.
-----. (2017). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Setiawan, Ezra & Ismurjanti, Ismurjanti. (2018). Penggunaan Internet sebagai Sumber Informasi dalam Penyusunan Karya Ilmiah Siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan. 6. 10.24198/jkip.v6i2.18590.
Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif, Teori dan Assesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wasisto, Agus. (2016). Publikasi Ilmiah, Tinjauan Ilmiah dan Best Practice. Yogyakarta: Graha Cendekia.
Lampiran 1 Peraturan Mendikbud No 36 Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tim GLN. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasioanal. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.