Pembelajaran Online Dengan Menulis Leaflet Teks Eksposisi untuk Menumbuhkan Sikap Peduli pada Lingkungan
Kata Kunci:
pembelajaran online, menulis, leaflet, peduli, lingkunganAbstrak
Pembelajaran online membutuhkan kreatifitas dan inovasi untuk menghadapi
permasalahan pengajaran yang harus terus berjalan di masa pandemi COVID 19. Guru sebagai
kunci kesuksesan dalam pendidikan mempunyai peranan penting dalam memberikan materi
pembelajaran agar siswa mempunyai kepedulian terhadap lingkungan. Bahasa Inggris sebagai
mata pelajaran wajib di sekolah SMP dan SMA sangat mendukung untuk belajar berbahasa
inggris dan mengajarkan kepedulian lingkungan kepada siswa. Oleh karena itu guru dalam
mendidik perlu strategi yang tepat untuk menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan.
Dalam penulisan ini akan mengungkapkan model pembelajaran online yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan siswa dengan kreativitas menulis leaflet teks eksposisi dan peduli
terhadap lingkungan. Strategi pembelajaran ini dapat membangun partisipasi aktif siswa dalam
pembelajaran online, kreatifitas membuat leaflet, pengalaman presentasi secara online dan
siswa dapat mempunyai sikap kepedulian terhadap lingkungan. Berdasarkan data kuesioner
dari 176 diperoleh siswa menjadi kreatif, senang, tertarik, model yang inovatif, menambah
pengetahuan siswa dalam menulis teks eksposisi tentang lingkungan. Model pembelajaran
online dalam membuat leaflet teks eksposisi tentang lingkungan dapat menumbuhkan kratifitas
karena disertai desain gambar yang menarik dan menumbuhkan sikap peduli dengan
lingkungannya
Referensi
Brown, H. Douglas. (2001). Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco State University: Pearson Longman Inc.
Hadi Waryanto .(2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran Phytagoras. Jurnal Matematika Pendidikan Matematika, (2), 10-23.
Koran, Jaya Kumar C. (2002). Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolah Malaysia.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14-20.
Rosenberg, Marc J. (2001). e-Learning; Strategies for Delivering Knowledge in the Digital. New York: McGraw Hill. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/vi ew/4300
Wasino. (2010). Buku Ajar Sebagai Bahan Ajar Yang Mencerdaskan dan Mindfull. (makalah) https://www.google.com/search?q=Wasino%2C2010.+Buku+Ajar+Sebagai+Bahan+Ajar+Yang+Mencerdaskan+dan+Mindfull+.+(makalah)&oq=Wasino%2C2010.+Buku+Ajar+Sebagai+Bahan+Ajar+Yang+Mencerdaskan+dan+Mindfull+.+(makalah)&aqs=ch rome..69i57.1376j0j15&sourceid=chrome&ie=UTF-8.