Model Project Based Learning Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berwirausaha Siswa Saat PJJ

Penulis

  • Zuniarti

Kata Kunci:

kreativitas, keterampilan, produk kreatif, project based learning (PJBL)

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan membuat produk usaha siswa, kemudian bagaimana hasil peningkatan kreativitas dan  ketrampilan membuat produk usaha siswa melalui model project based learning pada pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XII kuliner 4 SMKN 1 Sewon 2020/2021

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model pembelajaran project based learning. Subyek penelitian peserta didik kelas XII Jasa Boga 4 SMK Negeri 1 Sewon yang berjumlah 31 peserta didik. Pelaksanaan bulan juli sampai Oktober 2020, terdiri dari 3 siklus, dengan tahapan: “Observasi, Perencanaan-Tindakan & Refleksi”. Tindakan dilakukan oleh peneliti dan kolabolator yang bertugas mengamati dan mencatat setiap perkembangan yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data dilakukan dengan mengukur kreativitas dan ketrampilan hasil produk usaha boga, yaitu dengan menyajikan dalam bentuk tabel dan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi awal banyak kelompok yang masih kurang kreatif dan terampil. Melalui penerapan metode project based learning (PJBL). Dalam penerapan metode project based learning (PJBL) peserta didik mengalami peningkatan hasil berpikir kreativitas dan ketrampilnya setelah diberi tindakan. Peningkatan kreativitas dalam  membuat produk usaha siswa pada pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XII Kuliner 4 SMKN 1 Sewon 2020/2021 sebesar 67,85%, dan  peningkatan ketrampilan  dalam membuat produk usaha siswa sebesar 54,84%. Uraian diatas menunjukan bahwa metode project based learning (PJBL) dapat meningkatka kreativitas dan keterampilan siswa pada pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan.

Referensi

Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013.Bandung: Refika Aditama.

Abdullah Sani, Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013 Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Abdurahman, Hakim. 2017. Produk Kreatif Dan Kewirausahaan SMK. Jakarta: Kedokteran

Amung,dkk 2000. Perkembangan gerak belajar. Jakarta: DEPDIKBUD.

Arends, R. I. 2008. Learning To Teach Belajar Untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Terj. Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Beetleston, F. 2011. Creative Learning. Bandung: Nusa Media.

Bejarano, Y. et al. 1997. The Skilled Use Of Interaction Strategies: Creating A Framework For Improved Small-Group Communicative Interaction In The Language Classroom. ERIC.

Buck Institute for Education (BIE). 2014. “What is Project Based Learning?”.

Conny, Semiawan, dkk. 1984. Memupuk Bakat dan Kreativitas Peserta didik Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.

Dedi, Supriadi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hidayah, I dan Sugiarto. 2008. Buku Petunjuk Penggunaan Alat Peraga Matematika di SD/MI. Semarang: Jurusan Matematika.

Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kotler, Phillip. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Lestari, L. 2006. Keefektifan Pembelajaran dengan

Penggunaan Alat Peraga dan Lembar Kerja

Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar

Matematika dalam Pokok Bahasa Bangun

Segiempat pada Siswa Kelas VII Semester

Tegal Tahun pelajaran 2005/2006.

Made, Ni. 2008. Penerapan Model Problem Base Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahapeserta didik Jurusan Ekonomi Undiksha Laporan Penelitian. Hlm. 74-84.

Munandar, U. 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia.

Oebaidillah, Syarief. 2020. Merdeka Belajar di Era Pandemi Covid -19. dalam https://mediaindonesia.com/read/detail/310463-merdeka-belajar-di-era-pandemi-covid-19. diakses Selasa 05 Mei 2020, 21:01 WIB

Phillip Kotler. 1996. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Trianto. 2009. Mendesain Model-Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto, (2010), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Utami, Munandar. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

UU Nomor 20 Tahun 2013. Penjelasan Pasal 15.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Winardi. 2003. Entrepreneur dan Entrepreneurship. Bogor: Kencana.

Widiastuti, Sri dan Nur Rohmah Muktiani. (2010). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Pembelajaran Sepakbola Melalui Kucing Tikus Pada Siswa Kelas 4 SD Glagahombo 2 Tempel. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 7 Nomor 1. Hlm. 47-59.

Witkin, H. A., Oltman, P. K., Raskin, E., & Karp, S. A. (1971). The Effect Of Training And Of Structural Aids On Performance In Three Tests Of Space Orientation. (Report No. 80). Washington, D.C.: Civil Aeronautics Administration, Division of Research.

http://bie.org/object/offsite/pbl_online_org. Diakses tanggal 22 Desember 2019

Wibowo, Arie Khurniawan. 2019. Rearinging Labora school tory Design to Wards Good Vocational governance. Jakarta: DEPDIKBUD.

Wibowo, Arie Khurniawan. . Grand Design Pengembangan Teaching Factory Dan Technopark Di Smk. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Unduhan

Diterbitkan

2021-09-30

Cara Mengutip

Zuniarti. (2021). Model Project Based Learning Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berwirausaha Siswa Saat PJJ. Jurnal Riset Daerah Kabupaten Bantul, 21(3), 4033–4052. Diambil dari https://ojs.bantulkab.go.id/index.php/jrd/article/view/60