PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)

Penulis

  • sugiyem SMAN 1 Bantul

Kata Kunci:

Two Stay Two Stray (TSTS), motivasi belajar, hasil belajar

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Bantul. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket motivasi belajar, dan instrumen penilaian hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Rata-rata skor hasil angket motivasi belajar meningkat dari skor 101,7 dengan kategori tinggi pada akhir siklus I dan mencapai skor 105 dengan kategori tinggi pada akhir siklus II. Hasil tes belajar siswa meningkat dari nilai 74,8 pada akhir siklus I dan menjadi 85,9 pada akhir siklus II. Pada akhir siklus I motivasi belajar sudah mencapai kategori tinggi, namun rata-rata hasil belajar siswa belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum. Pada akhir siklus II motivasi belajar siswa sudah mencapai kategori tinggi dan rata-ratanya sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum

Referensi

Fathurohman, P. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hariyanto, W. d. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Iskandar, A. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Lie, A. (2010). Cooperative Learning. Jakarta: Pt. Gramedia.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grasindo Perkasa.

Septiani, Z. d. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Akuntansi, 101-107.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

sugiyem. (2022). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS). Jurnal Riset Daerah Kabupaten Bantul, 22(2), 4197–4207. Diambil dari https://ojs.bantulkab.go.id/index.php/jrd/article/view/72