METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN OLAHRAGA

Penulis

  • BETHI NOVIANINGSIH SMAN 1 Bantul

Kata Kunci:

Discovery Learning, Pembelajaran Olahraga, Keaktifan

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai pembelajaran penjas, hal ini dikarenakan penjas dianggap pelajaran yang sulit, karena materi yang dipelajari terdapat aktivitas fisisk serta gerak dan kombinasi dengan kemampuan permasalahan yang terjadi terletak pada metode pembelajaran dan Media pembelajaran. Model discovery leraning  merupakan model pembelajaran yang baik digunakan serta memiliki nilai efektivitas yang tinggi dalam keberhasilan berbagai pembelajaran termasuk pembelajaran penjas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dengan model pembelajaran discovery learning pembelajaran penjas pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian peserta didik kelas XI IPS 2 27 orang yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Kegiatan penelitian dilakukan dengan 3 siklus yang sebelumnya diawali dengan pra siklus.  Pada pelaksanaan siklus 1 keaktifan peserta didik mendapatkan persentase klasikal sebesar 56,85% dan tergolong kurang aktif. Hal ini dikarenakan kurang adanya kesiapan mental dari peserta didik untuk belajar dengan metode pembelajaran discovery. Analisis hasil observasi pada siklus I sebesar 56,85% dan tergolong kurang aktif. Penerapan metode pembelajaran discovery pada siklus 2 sudah lebih baik dari pada siklus 1 dilihat dari pendidik maupun dari peserta didiknya hasil persentase keaktifan secara klasikal yaitu 69,25% cukup aktif. Keaktifan belajar peserta didik pada siklus 2 mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus 1 dengan persentase keaktifan belajar sebesar 56,85%. Jadi keaktifan belajar peserta didik meningkat 12,40% dari 56,85% menjadi 69,25%. Pada siklus 3 dengan menggunakan metode pembelajaran discovery sudah baik

Referensi

Abdullah, K., Sujarwo, & Lubis, J. (2020). Model Pembelajaran Senam Irama Berbasis Media Pembelajaran Pada Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Adaptif, 02(3), 61–68. https://doi.org/10.21009/jpja.v3i02.16271

Agustan, B., & Rojikin, M. (2021). Mental Imagery: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Physical Activity Journal, 3(1), 91. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4902

Alwi, & Idrus. (2014). Panduan Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Saraz Publishing.

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Arif, Y., Louk, M. J. H., Neolaka, E. S., Siahaan, J. M., & Aisyiah, I. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Alat Hurdle drills dan Ladder Drills Bagi Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Penjas di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 346–355. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.18218

Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Olahraga pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913

Cahyo, N., & Agus. (2013). Panduan Aplikasi teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press.

Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.49

Hanansyah, A., & Ginanjar, A. (2020). Erratum: Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bola Basket Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33222/juara.v5i1.922

Harahap, M. H. N. (2020). Perana Model Pembelajaran Pjok Sekolah Dasar Pjok. Seminar & Conference Nasional …, 229–232.

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Hidayat, C., Marwan, I., & Mulyana, D. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matakuliah Kurikulum Pembelajaran Penjas Menggunakan Model Discovery learning pada Mahasiswa Kelas A Jurusan Pendidikan Jasmani. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8093

Juniarso, T. (2020). Model Discovery learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(1), 36–43. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4197

Listiono, B., & Winarni, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learnig. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 257–264. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2421

Marsila, W., Connie, & Swistoro, E. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8

Mukhtar. (2013). Prosedur Penilaian. Rineka Cipta.

Nurhadi, & Alfitry, S. (2020). Pengaruh PenerapAn Model Pembelajaran Discovery learning dan Pemberian Motivasi Oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama se-Kecematan Rumbai Pesisir. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 29–41. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.696

Ramdhani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Discovery learning with Scientific Approach on Geometry. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012033

Siahaan, K. W. A., Haloho, U. N., Raja Guk-guk, M. P. A., & Panjaitan, F. R. (2021). Implementation of Discovery learning Methods to Improve Science Skills in Kindergarten B Children. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1332

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732

Wahyudi, & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik melalui Model Discovery learning dengan Permainan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sd. Scholaria, 5(3), 23–36.

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

NOVIANINGSIH, B. (2022). METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN OLAHRAGA. Jurnal Riset Daerah Kabupaten Bantul, 22(2), 4218–4227. Diambil dari https://ojs.bantulkab.go.id/index.php/jrd/article/view/73