METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN OLAHRAGA
Kata Kunci:
Discovery Learning, Pembelajaran Olahraga, KeaktifanAbstrak
Penelitian ini membahas mengenai pembelajaran penjas, hal ini dikarenakan penjas dianggap pelajaran yang sulit, karena materi yang dipelajari terdapat aktivitas fisisk serta gerak dan kombinasi dengan kemampuan permasalahan yang terjadi terletak pada metode pembelajaran dan Media pembelajaran. Model discovery leraning merupakan model pembelajaran yang baik digunakan serta memiliki nilai efektivitas yang tinggi dalam keberhasilan berbagai pembelajaran termasuk pembelajaran penjas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dengan model pembelajaran discovery learning pembelajaran penjas pada kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian peserta didik kelas XI IPS 2 27 orang yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Kegiatan penelitian dilakukan dengan 3 siklus yang sebelumnya diawali dengan pra siklus. Pada pelaksanaan siklus 1 keaktifan peserta didik mendapatkan persentase klasikal sebesar 56,85% dan tergolong kurang aktif. Hal ini dikarenakan kurang adanya kesiapan mental dari peserta didik untuk belajar dengan metode pembelajaran discovery. Analisis hasil observasi pada siklus I sebesar 56,85% dan tergolong kurang aktif. Penerapan metode pembelajaran discovery pada siklus 2 sudah lebih baik dari pada siklus 1 dilihat dari pendidik maupun dari peserta didiknya hasil persentase keaktifan secara klasikal yaitu 69,25% cukup aktif. Keaktifan belajar peserta didik pada siklus 2 mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus 1 dengan persentase keaktifan belajar sebesar 56,85%. Jadi keaktifan belajar peserta didik meningkat 12,40% dari 56,85% menjadi 69,25%. Pada siklus 3 dengan menggunakan metode pembelajaran discovery sudah baik
Referensi
Abdullah, K., Sujarwo, & Lubis, J. (2020). Model Pembelajaran Senam Irama Berbasis Media Pembelajaran Pada Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Adaptif, 02(3), 61–68. https://doi.org/10.21009/jpja.v3i02.16271
Agustan, B., & Rojikin, M. (2021). Mental Imagery: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Physical Activity Journal, 3(1), 91. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4902
Alwi, & Idrus. (2014). Panduan Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Saraz Publishing.
Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Arif, Y., Louk, M. J. H., Neolaka, E. S., Siahaan, J. M., & Aisyiah, I. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Alat Hurdle drills dan Ladder Drills Bagi Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Penjas di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 346–355. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.18218
Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Olahraga pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913
Cahyo, N., & Agus. (2013). Panduan Aplikasi teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press.
Fathoni, A. F. (2018). The Role of Blended Learning on Cognitive Step in Education of Sport Teaching by Adjusting the Learning Style of the Students. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.49
Hanansyah, A., & Ginanjar, A. (2020). Erratum: Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bola Basket Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation. JUARA : Jurnal Olahraga, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33222/juara.v5i1.922
Harahap, M. H. N. (2020). Perana Model Pembelajaran Pjok Sekolah Dasar Pjok. Seminar & Conference Nasional …, 229–232.
Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318
Hidayat, C., Marwan, I., & Mulyana, D. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matakuliah Kurikulum Pembelajaran Penjas Menggunakan Model Discovery learning pada Mahasiswa Kelas A Jurusan Pendidikan Jasmani. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8093
Juniarso, T. (2020). Model Discovery learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(1), 36–43. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4197
Listiono, B., & Winarni, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Menggantung Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learnig. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 257–264. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2421
Marsila, W., Connie, & Swistoro, E. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8
Mukhtar. (2013). Prosedur Penilaian. Rineka Cipta.
Nurhadi, & Alfitry, S. (2020). Pengaruh PenerapAn Model Pembelajaran Discovery learning dan Pemberian Motivasi Oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama se-Kecematan Rumbai Pesisir. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 29–41. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.696
Ramdhani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Discovery learning with Scientific Approach on Geometry. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012033
Siahaan, K. W. A., Haloho, U. N., Raja Guk-guk, M. P. A., & Panjaitan, F. R. (2021). Implementation of Discovery learning Methods to Improve Science Skills in Kindergarten B Children. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1332
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732
Wahyudi, & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik melalui Model Discovery learning dengan Permainan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sd. Scholaria, 5(3), 23–36.