PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BAHASA INGGRIS DALAM MENULIS IKLAN DENGAN APLIKASI CANVA

Penulis

  • erna pujiasih SMAN 1 Bantul

Kata Kunci:

Pembelajaran, Kontekstual, Iklan, Canva

Abstrak

Praktik terbaik dalam pembelajaran kontekstual   menulis iklan dengan aplikasi Canva bertujuan untuk menerapkan kemampuan  peserta didik  menulis teks Iklan  dengan aplikasi Canva. Metode yang digunakan ini dengan penerapan Metode ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berdasarkan observasi, pelaksanaan pembelajaran dan kuestioner. Subjek penelitian ini peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bantul.  Berdasarkan praktik terbaik dalam pembelajaran tersebut yang dilakukan yaitu penjelasan materi iklan, kegiatan berkelompok dalam menganalisis iklan, menulis iklam secara individu dengan aplikasi   Canva dan mempresentasikan hasil kreativitasnya. Berdasarkan hasil kuestioner dan praktik menulis iklan dengan Canva peserta didik mampu memahami iklan dengan baik, senang dalam pembelajaran dan kreatif dalam menulis iklan dengan Canva

Referensi

Anang Budianto (2022) “Supervisi Kilnis Peningkatan Ketrampilan Guru dalam Pembelajaran Kontekstuual Dengan Metode Inquiri di Negeri I Jrebeng Kabupaten Probolinggo “JPTWH Vol 1 no 2, Mei 2022 https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/28

Anita Triastuti, dkk (2021) Designing English Text based Instruction with Principled Eclecticism, Yogyakarta: UNY Press

Jumanata Hamdayana (2016) Metodologi Pengajaran , Jakarta :Bumi Aksara

Kartiwi (2022) “Pemanfaatan Media Canva dan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik SMP” STKIP SILIWANGI journal Vol 11 No 1 http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/2936

Mega Wulandari (2020) Technology for English Language Learning Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

Melisa Fidia Astuti (2021) Pengembangan Poster berbasis Canva sebagai media Pembelajaran Menulis Teks Iklan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kretek Kabupaten. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3432

Mercha (2020), Analisis Impelemtasi Pendekatan Kontekstual Berbasis Video Online Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Pagutangan Semester 2 TP 2019/2020 Selama Masa Pandemi Covid 19 vol 16 no 3 https://jurnal.polines.ac.id/index.php/orbith/article/view/2568

N. Nurhayati, M. Vianty, M. L. Nisphi, and D. E. Sari, “Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang”, dinamisia, vol. 6, no. 1, pp. 171-180, Feb. 2022.

Putri Zuliyanti, Heni Pujiastuti (2020) Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

U. Fadhilah (2021), “Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menulis Teks News Items”, edui, vol. 2, no. 1, pp. 37-50, Nov. 2021.

Winata, K., Solihin, I., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Moderasi Islam Dalam Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Ciencias :Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 82-92. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/61

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

pujiasih, erna. (2022). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BAHASA INGGRIS DALAM MENULIS IKLAN DENGAN APLIKASI CANVA . Jurnal Riset Daerah Kabupaten Bantul, 22(2), 4208–4217. Diambil dari https://ojs.bantulkab.go.id/index.php/jrd/article/view/76