KONSELING KELOMPOK REALITAS UNTUK MEREDUKSI NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XC SMAN 1 BANTUL TAHUN 2023
Kata Kunci:
konseling kelompok realita, nomophobia.Abstrak
Praktik terbaik dalam konseling kelompok realitas bertujuan untuk mereduksi Nomophobia pada siswa. Metode yang digunakan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berdasarkan observasi, pelaksanan konseling kelompok realitas dan kuesioner. Subyek penelitian ini adalah peserta didik pada kelas XC SMA Negeri 1 Bantul. Berdasarkan praktik terbaik dalam konseling kelompok realitas tersebut yang dilakukan yaitu: Menjelaskan materi tentang Nomophobia pada remaja atau generasi Z, diskusi kelompok tentang nomophobia, presentasi siswa tentang nomophobia, dan konseling kelompok realitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu mereduksi nomophobia yang dialaminya.
Referensi
Arpaci, Ibrahim. (2019). Culture and Nomophobia: The Rule of Vertical Versus Horizontal Collectivism in Predicting
nomophobia. Information Development 35 (1) Hal. 96-106
Budiman, Haris (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam. 8 (1), 31-43.
Corey, Gerald (20013), Teori dan Praktik: Konseling & Psikoterapi.Cetakan ke 7. Bandung: Refika Aditama.
Kominfo (2017). Survey Penggunaan TIK serta Implementasinya Terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat. Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. http://indonesiabaik.id/ebook/surveypenggunaan-tik-2017 (diunduh 10 Apri 2023)
Muyana S., & Widyastuti, D. A. (2017). Nomophobia (No-Smartphone Phobia) Penyakit Remaja masa kini. Seminar
Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 2). Hal 285.
Nawangsari, dkk. (2020). KonselingRingkas Berfokus Solusi Sebagai alternative Model Konseling untuk Mereduksi omophobia di Era Covid 19. Prosiding Seminar Nasional FIF 2020. Hal. 110-114
Seriwati, Siti. (2017). Penerapan Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri di Sekolah. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman. 3(2)