PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENULIS KALIMAT “CONDITIONAL SENTENCE” DENGAN PETA KONSEP BERGAMBAR
Kata Kunci:
Pembelajaran, Menulis, Conditional Sentence, Peta Konsep, BergambarAbstrak
Praktik terbaik dalam pembelajaran Bahasa Inggris menulis “Conditional Sentence dengan peta konsep bergambar bertujuan untuk menerapkan kemampuan peserta didik menulis kalimat “Conditional Sentence “.Metode ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berdasarkan observasi, pelaksanaan pembelajaran dan kuestioner . Subjek penelitian ini peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Bantul. Berdasarkan praktik terbaik dalam
pembelajaran tersebut yang dilakukan yaitu penjelasan materi “Conditional Sentence ‘ kegiatan berkelompok dalam menganalisis kalimat , menulis kalimat secara individu dengan membuat peta konsep bergambar sesuai dengan tema gambar yang dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu memahami materi dengan baik, senang dalam pembelajaran dan kreatif dalam menulis dengan peta konsep bergambar
Referensi
Anita Triastuti,dkk (2021) Designing English Text -Based Instruction with Principled Eclecticism, Yogyakarta :UNY Press
Gani, R. A. (2018). Implementasi Metode Mind Mapping Untuk meningkatkan Minat dan Kompetensi Writing Siswa Kelas VII D SMPN 5 Kopang. Paedagoria, 9(1), 24-29 Universitas Muhammadiyah Mataram;Journal Paedagoria https://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/264
Jumanta Hamdayama (2016) Metodologi Pengajaran , Jakarta : PT Bumi Aksara
Kaslim Nasruddin (2019) Peningkatan aktifitas dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa menggunakan model Pembelajaran
Peta Konsep di kelas XII MIA 1 SMA N 2Kuok Volume 3 Nomor 6 Tahun 2019 https://core.ac.uk/download/pdf/287208447.pdf
Kuncoro, Ignatius. (2015). Penggunaan Metode Mind Map Dalam PembelajaranBahasa Indonesia Aspek Menulis Teks Berita Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas VIII B Smp Negeri 3 Kebasen.
Jawa Tengah; Jurnal Metafora (2)1, 52-68).https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/295
Marharjono, M. (2019). Efforts to Increase Interest and Achievement in History Learning Through Mind Mapping Method
in Class X Science 1 Students of SMA Negeri 1 Sewon. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 69-75.https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.96
Nurrohmah (200). Improving Student’s Writing Skill Using Process Approach UIN Malang:Jurnal LINGUA https://ejournal.uinmalang.ac.id/index.php/humbud/article/view/552/901
Slamet Riyanto (2009) Essentials of English Grammar For Fluent English Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Silabus Bahasa dan Sastra Inggris Kurikulum 2013 https://www.silabus.web.id/silabus-smabahasa-inggris-kurikulum-2013/