PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS PADA MATA PELAJARAN PENETASAN TELUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMK NEGERI 1 PANDAK
Kata Kunci:
keterampilan, problem based learning (PBL)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning ( PBL ). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII Agribisnis Ternak Unggas SMK N 1 Pandak Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini terdiri dari dua siklus tindakan. Siklus I dengan kompetensi dasar memilih telur tetas, materi pemilihan telur itik untuk ditetaskan dan siklus II dengan materi pemilihan telur ayam untuk ditetaskan. Data aspek keterampilan peserta didik diperoleh dari hasil observasi. Data prestasi belajar peserta didik diperoleh dari tes tertulis, dan data yang diperoleh dianalisis dengan analisis diskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat penguasaan keterampilan peserta didik dengan kriteria sangat terampil sejumlah 25,93 % (7 pesdik), siklus I meningkat menjadi 44,44 % (12 pesdik) ,dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 65,67 % (18 pesdik) , sehingga terjadi peningkatan antara kondisi awal dan siklus I sebesar 18,51 % dan antara siklus I dan siklus II terdapat peningkatan sebesar 21,23 %. Prestasi belajar peserta didik pada kondisi awal yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 5 orang peserta didik (18,52 %), dan pada siklus I meningkat menjadi 21 orang peserta didik (77,78 %), sedangkan pada siklus II semua pesdik ( 100 % ) mencapai kriteria ketuntasan minimal. Berarti ada peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dari kondisi awal dan siklus I sebesar 59,26 %, sedangkan peningkatan ketuntasan belajar antara siklus I dan siklus II sebesar 22,22 %.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Conny Semiawan. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : Gramedia
Farida, dkk. (2015). Potensi Sintaks Pembelajaran Problem Based Learning Metakoginitif Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Sains. Universitas Kristen Satya Wacana.
Marlina.2017. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/JEM
S/article/download/8746/3231.
Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152
N.A. Nasution. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Nana Sujana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
-------------------. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Purba T.K. dan Endi Sjamsulbahri. 1984. Pendidikan Keterampilan Teknik dan Kerajinan untuk SPG. Jakarta : Depdikbud.
Purwanto, M. Ngalim. 2006. Prinsipprinsip dan Teknik Evalausi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya
Rochiati Wiriaatmadja. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grasindo Persada.
Suryobroto. 2001. Proses Belajar Mengajar di Sekolah Wawasan Baru, Beberapa Metode Pendukung dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Yogyakarta : Amarta.
Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.
Wiraatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.